Selasa, 09 Agustus 2016

10 Tips Seputar Mouse Komputer yang Jarang Diketahui

Banyak Pengguna komputer tidak memanfaatkan secara Maksimal Mouse Komputer mereka. Dibawah ini adalah Tips dan Rahasia seputar Mouse Komputer yang akan membantu anda Memaksimalkan Penggunaan Mouse Komputer anda dan tentunya juga Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi anda Ketika Menggunakan Komputer. Berikut ini adalah Beberapa Tips Dalam Menggunakan Mouse Komputer.

Mouse Komputer

 

Tombol Shift dan Klik Kiri


Banyak Editor teks Seperti Notepad atau Microsoft Word dan Program-program lain yang Mengizinkan kita untuk Memilih/memblok Sebagian atau semua Teks dengan menggunakan Tombol Shift dan Mouse. Sebagai Contoh, Klik kiri pada bagian Awal dari Teks pada Box Berikut. Tekan dan Tahan tombol Shift pada Keyboard, Scroll kebawah, kemudian Klik Pada Bagian Akhir dari Teks untuk Memblok/Memilih semua Teks.


Bonus Tip: Menahan Tombol Alt bersamaan dengan Shift ketika Memilih Teks yang akan Di Blok pada Text Editor akan membuat anda dapat memilih Teks secara Selektif. Memilih Teks secara Selektif biasanya berguna apabila Paragraf atau Teks yang akan dipilih Berada dalam Kolom.

Catatan: Tip ini tidak akan bekerja pada Text Box diatas, anda hanya bisa menggunakannya pada Text Editor atau Word Processor seperti Microsoft Word.

 

Maksimalkan Penggunaan Scroll Mouse


Pada masa sekarang, Semua orang pasti sudah Familiar dengan Scroll pada Mouse untuk menggeser layar ke atas atau kebawah pada suatu Halaman. Tapi Tahukah anda bahwa masih sangat banyak kegunaan Scroll Pada Mouse? Dibawah ini adalah Sedikit Contohnya.
  • Roda Scroll Mouse bukan sembarang Roda. Scroll pada mouse juga bisa berfungsi sebagai Tombol. Apabila ditekan, Scroll Mouse akan berfungsi layaknya Tombol Ketiga dari Mouse. Tombol Scroll bisa digunakan untuk membuka Suatu link pada Tab dengan cara klik sebuah Link dengan tombol Scroll, Tombol Scroll juga dapat digunakan untuk Menutup Tab tertentu dengan Cara Klik tab yang terbuka dengan tombol tersebut.
  • Zoom in dan out pada Halaman Web, Dokumen Word, Spreadsheet Excel, dll. Dapat dilakukan dengan menahan tombol Ctrl dan Scroll Keatas untuk Zoom In dan Scroll Kebawah untuk Zoom Out.
  • Tekan dan Tahan tombol Shift kemudian Scroll Kebawah untuk kembali ke Halaman Web yang diakses sebelumnya, biasanya akan bekerja pada hampir semua Browser.
  • Beberapa Mouse juga memiliki fasilitas Scroll KeKiri dan KeKanan untuk Berpindah-pindah Halaman Web.

 

Memilih Teks dengan Double Click dan Triple Click


Setiap Kata pada Dokumen dapat dipilih atau di Blok dengan cara klik dua kali/double Click pada Kata kata yang diinginkan. Jika anda ingin memilih atau memblok seluruh Paragraf atau kalimat, Klik tiga kali/Triple Click pada kata Manapun di Paragraf atau kalimat tersebut.

Bonus Tip: jika anda Klik dua kali/double click pada sebuah kata kemudian Drag/Menggeser Kursor Mouse, itu akan membuat Anda dapat memilih/memblok Kata per kata sekaligus.

 

Maksimalkan Klik Kanan Mouse


Gunakan Klik kanan secara maksimal setiap anda memilih Teks atau ingin membuka Menu Properties dari sebuah Objek. Contohnya, setelah memilih atau memblok teks yang diinginkan, anda bisa menggunakan Klik Kanan, Copy, kemudian Klik kanan dimana saja untuk menggunakan fasilitas Paste.

Bonus Tip: Setelah Memilih atau memblok Teks anda bisa langsung Drag and Drop dimanapun anda ingin Mempaste teks tersebut menggunakan Klik Kanan, Akan muncul menu Copy dan Cut sehingga lebih menghemat Waktu anda.

 

Tombol Ctrl dan Klik Mouse


Dengan menekan dan menahan tombol Ctrl, anda bisa menekan Klik kiri pada mouse untuk memilih Beberapa Objek atau Memblok beberapa section dari teks Secara Langsung.

Contohnya, pada Box seleksi dibawah ini, jika anda ingin memilih/memblok beberapa Teks/kata, anda bisa menekan dan Menahan Tombol Ctrl kemudian Klik Kiri pada Teks/kata yang ingin di Pilih.



Bonus Tip: Pengguna Browser Mozilla Firefox juga dapat menekan dan Menahan Tombol Ctrl kemudian Mengklik Setiap Cell pada Table yang ingin Dipilih. Anda juga dapat Memilih satu Kolom secara Keseluruhan dengan Cara Tahan Tombol Ctrl kemudian klik kiri pada Kolom yang Diinginkan.

 

Gunakan Mouse Side Buttons


Banyak sekali Mouse-mouse komputer saat ini yang memiliki Tombol Tambahan pada Bagian Ibu jari (Kebanyakan adalah Mouse Gaming). Sebenarnya tombol ini bisa siprogram untuk menjadi Tombol Apa saja dengan menggunakan Software Khusus. Namun, secara Default tombol ini dapat digunakan untuk Kembali menuju halaman sebelumnya ketika Membuka Sebuah Web. Apabila Mouse Anda memiliki Tombol tambahan ini, Gunakan Secara Maksimal agar Waktu Browsing anda Lebih Efisien.

 

Gunakan Fitur Windows Snap To


Sudah Tahu Fitur Windows Snap To? Fasilitas Windows ini akan secara otomatis mengarahkan Kursor Mouse anda ke Dialog Box yang Terbuka. Contohnya, ketika anda ingin menghapus Sebuah File, Akan Muncul sebuah Dialog Box yang isinya Menanyakan Apakah Anda yakin ingin Menghapus File tersebut. Dengan fasilitas Windows Snap To, Kursor Akan diarahkan langsung ke Tombol OK sehingga yang perlu anda lakukan hanyalah Klik kiri untuk mengkonfirmasi. Tentu saja ini dapat menghemat waktu anda karena anda tidak perlu mengarahkan kursor mouse ke dialog Box yang Muncul.
Untuk Mengaktifkan Fitur ini, Buka Mouse Properties pada Control Panel dan Centang pada Check Box Snap To pada Tab Pointer Options.

Bonus Tip: Ketika anda mengaktifkan Fitur ini, kami juga merekomendasikan untuk melihat berbagai Fitur yang tersedia di Menu Mouse Properties. Contohnya, Meningkatkan Motion Speed akan mempercepat Kecepatan Pergerakan Mouse sehingga Produktifitas anda juga meningkat.

 

Mengatur Window/Jendela yang terbuka dengan Mouse


Klik dua kali pada Title Bar di setiap Window/Jendela yang terbuka untuk melakukan Maximize, Atau, jika Window tersebut sudah Maximize, Mengubahnya ke Ukuran yang lebih kecil. Atau anda juga Bisa menutup Window yang Terbuka dengan Cara Klik Dua Kali pada Ikon Program yang terbuka di Window tersebut (biasanya terletak di Pojok Kiri Atas).

 

Gerakkan Kursor Mouse dengan keyboard


Tahukah anda bahwa Anda juga dapat menggunakan Keyboard Sebagai Mouse? Anda juga dapat membuat Number Pad menjadi Pengendali Kursor Atau Mouse. InsyaAllah Dalam Waktu dekat ini akan Saya Buatkan tutorialnya, tunggu saja.

 

Kostumisasi Mouse Anda


Akhirnya, apabila anda membeli Mouse yang memiliki Lebih dari dua Tombol, anda bisa mengatur atau memodifikasi Tombol Mouse tersebut lebih jauh dengan Software yang biasanya dilampirkan di Box Mouse yang anda Beli. Misalnya, secara default tombol mouse ketiga adalah untuk mengakses Halaman Web yang dibuka sebelumnya, anda bisa Memodifikasinya menjadi Fungsi yang lain seperti Berpindah Tab, membuka Kalkulator Atau membuka Program-program lain yang sering anda gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan Komputing anda sehingga Produktifitas anda akan meningkat, anda juga dapat lebih Menghemat Waktu.

Yup, demikian Posting tentang 10 Tips Seputar Mouse Komputer yang Jarang diketahui banyak orang. Anda memiliki Tips lain selain 10 tips diatas? Silahkan berbagi melalui Komentar, Semoga Bermanfaat.


10 Tips Seputar Mouse Komputer yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh