Selasa, 09 Agustus 2016

Apa itu Disk management?

Disk management adalah Utilitas Microsoft Windows yang Pertama kali Diperkenalkan di Windows XP sebagai pengganti dari Fdisk Command. Fasilitas Disk Management ini Memungkinkan User untuk Melihat dan Mengatur Disk Drives yang Terpasang di Komputer mereka dan Partisi-partisi yang terasosiasi dengan Drive-drive tersebut. Seperti yang bisa dilihat pada Gambar dibawah ini, setiap Drive akan ditampilkan disertai dengan Layout, Type, File System, Status, Capacity, Free Space, % Free, dan Fault Tolerance.

Disk management

Cara Membuka Disk Management pada Windows


  1. Klik Tombol Start kemudian Pilih menu Run. Anda juga bisa langsung menggunakan ShortCut Windows + R pada Keyboard untuk Langsung Membuka Menu Run.
  2. Ketikkan diskmgmt.msc kemudian tekan Enter.
Tip : Untuk Windows 8, anda bisa mengetikkan Langsung diskmgmt.msc di Start Screen untuk Mengakses Disk Management.

Atau

  1. Buka Control Panel
  2. Klik dua kali pada Administrative Tools jika Control Panel anda masih Tampilan Classic atau Klik Performance and Maintenance dan kemudian Administrative Tools jika Tampilan Control Panel dalam Mode Kategori. Jika anda tidak memiliki Akses Admin terhadap komputer maka Opsi ini tidak dapat digunakan.
  3. Apabila sudah berada di Jendela Administrative Tools, Klik dua kali Computer Management kemudian Klik Disk Management pada Storage Section.
Demikian sedikit Pengetahuan Tentang Disk Management Beserta cara Membukanya, Semoga Bermanfaat.


Apa itu Disk management?
4/ 5
Oleh