Sabtu, 15 Oktober 2016

10 Trik dan Rahasia Notepad untuk PC yang Wajib Dicoba

Juragan tahu Program Notepad? Itu loh, Program Aplikasi bawaan windows yang bisa diakses melalui Accessories. Semua versi Windows Memiliki Notepad. Aplikasi ini sangat Sederhana, hanya terdiri dari Lembar kerja yang bisa agan isi dengan Ketikan agan, dan beberapa Menu di Toolbar. Karena memang sesuai Namanya, Software ini digunakan untuk mengetik Teks Sederhana.

Tapi ternyata Software ini tidak Sesederhana itu loh gan, Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat Halaman HTML, Program Java, Program C++, dan berbagai Command lain tergantung Ekstensi Penyimpanan yang agan Gunakan, hehe. Nah, kali ini saya akan memberikan 10 trik Notepad keren yang bisa agan coba yang jarang diketahui banyak orang, terutama Untuk Agan dan Aganwati yang masih Awam masalah Perkomputeran. Saya saja yang sudah cukup lama mengenal Komputer baru tahu beberapa Trik Dibawah kok, hehe. Oiya, mungkin nanti Ketika mencoba Trik Notepad dibawah, akan dideteksi sebagai Virus, karena memang karakteristiknya mirip virus. Tapi Agan tenang saja, cukup Ignore Notifikasi dari AntiVirus Favorit agan, ini bukan Virus kok, Saya Jamin, hehe.

Bicara tentang AntiVirus, sudah baca belum Artikel saya tentang List 10 AntiVirus Gratis terbaik ?

10 Script Rahasia Notepad Untuk PC

Oke, dibawah ini saya berikan 10 Trik Rahasia NotePad favorit saya. Tapi DWYOR ya gan, Do With Your Own Risk/Resiko ditanggung Penumpang. Walaupun saya Jamin Tidak ada satupun Script Virus pada Trik dibawah ini, saya tidak menanggung segala resiko yang agan terima setelah menerapkan Trik Dibawah. Karena bisa saja Kesalahan itu dari Agan seperti Salah Ketik dan Sebagainya. Tapi tenang saja, kalau agan mengikuti dengan baik Step dibawah, pasti Aman kok, hehe.

1. Membuat Diary menggunakan Notepad

Trik Notepad

Trik pertama adalah Membuat Diary menggunakan Notepad. Jadi agan bisa menulis Kegiatan Keseharian Agan lengkap dengan Tanggal dan Waktu secara Otomatis. Ikuti Step dibawah untuk membuat Diary menggunakan Notepad :

1. Buka Notepad
2. Pada Baris Pertama, ketikkan .LOG
3. Simpan dengan nama log.txt

Cara Menggunakannya, cukup Buka File log.txt yang telah dibuat setiap agan ingin menulis di Diary itu. Nanti akan tercetak secara otomatis Tanggal dan Waktu agan Membuka File Tersebut. Kalau sudah ditulis, Simpan kemudian Tutup File Tersebut, Buka kembali jika agan ingin menulis Diary Lagi. Mudah Bukan?

2. Memproteksi Folder dengan Password Melalui Notepad

Nah, biasanya agan pasti menggunakan Software untuk memproteksi Folder. Pada Trik Notepad nomor 2 ini agan bisa menggunakan Notepad untuk memproteksi Folder Menggunakan Password. Agan Tidak perlu Download Software Tambahan, Cukup Menggunakan Notepad. Dengan mengetikkan beberapa Baris Kode dibawah, agan akan memiliki sebuah Folder dimana User harus Memasukkan Password untuk Membukanya. Copy Paste saja baris dibawah ini kedalam Notepad :

@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==overgiga goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

Silahkan Ganti tullisan "overgiga" dengan password yang Agan inginkan, Ganti Pilihan Ekstensinya menjadi All Files kemudian Save dengan nama private.bat. Oiya, Trik diatas sudah saya coba di Windows 7 tapi tidak berhasil, mungkin karena OS nya yang tidak Support atau karena Diblock AntiVirus atau mungkin karena Saya Kurang Tampan, hehe. Mungkin dapat bekerja di PC Agan, tidak ada Salahnya Mencoba.

3. Membuat Efek Film Matrix Menggunakan NotePad

Trik Notepad

Agan Pernah Nonton Film The Matrix? Itu loh, yang Pemerannya seakan dibawa ke Dunia Digital yang ternyata juga memiliki Sistem dan Mirip dengan Dunia Kita. Kalau Agan sudah pernah nonton, pasti tahu kan Efek Angka Hijau yang Muncul secara Acak di Layar? Kita bisa juga Membuatnya di Notepad. Cukup Copy Paste Baris Kode dibawah kedalam Notepad :

@echo off
color 02
:start
echo %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random%
goto start

Kemudian Save dengan nama Matrix.bat. Jangan lupa Pilihan Ekstensinya Ganti menjadi All Files, Kemudian Buka file tersebut. Hasilnya akan muncul Angka-angka Random berwarna Hijau di Command Prompt yang mirip dengan Film Matrix. Feel Like Hacker-sta, hehe.

4. Mematikan PC dengan Diikuti Pesan

Trik Notepad

Script yang ke-4 adalah untuk Mematikan PC tanpa harus melalui menu Start, Cukup dengan Double Click pada File yang dibuat. Bahkan agan juga dapat menambahkan Pesan Khusus sebelum Komputer dimatikan. Silahkan Copy Paste Baris Kode dibawah ini kedalam Notepad :

@echo off
msg * Computer Will now Shut Down
shutdown -c “Semoga Mimpi Indah” –s

Pada bagian Kalimat Computer Will now Shut Down dan Semoga mimpi Indah adalah pesan yang muncul sebelum komputer dimatikan. Bisa Agan Ganti dengan Kalimat Sesuai keinginan. Simpan File dengan nama apapun, namun harus dengan Ekstensi .bat dan Pilihan Ekstensi All Files. Simpan file tersebut di Desktop agar mudah diakses. Sekarang jika Agan ingin Mematikan Komputer, Cukup Klik Dua Kali pada File Tersebut.

5. Membuka Dan Menutup CD/DVD Drive Tanpa Henti

Untuk Script yang kelima ini khusus untuk Agan yang Suka Jahil, hehe. Script dibawah ini akan membuat CD/DVD Drive PC terus menerus Membuka dan Menutup. Cocok sekali untuk Menjahili teman. Cukup Copy Paste Script dibawah ini kedalam Notepad, Kemudian Simpan dengan Ekstensi .vbs. Untuk Menghentikannya cukup buka Task Manager dengan cara CTRL+ALT+DEL kemudian End task pada Proses File yang agan Buat tadi.

Set oWMP = CreateObject(“WMPlayer.OCX.7?)
Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection
do
if colCDROMs.Count >= 1 then
For i = 0 to colCDROMs.Count – 1
colCDROMs.Item(i).Eject
Next
For i = 0 to colCDROMs.Count – 1
colCDROMs.Item(i).Eject
Next
End If
wscript.sleep 5000
loop

6. Text to Speech menggunakan Notepad

Trik Notepad

Agan tahu Text to Speech kan? Jadi Script nomor 6 ini akan Mengubah tulisan apapun yang agan ketikkan di Box menjadi Suara melalui Speaker. Ikuti Langkah dibawah untuk membuat Notepad mengubah teks menjadi Suara :

1. Buka Notepad, kemudian Copy Paste Script ini kedalamnya.

Dim message, sapi
message=InputBox(“What should I speak?”,”Speak to me”)
Set sapi=CreateObject(“sapi.spvoice”)
sapi.Speak message

2. Simpan file tersebut dengan Nama speak.vbs, pastikan Ekstensinya All Files.
3. Buka File yang telah disimpan, ketikkan teks apapun yang ingin diubah menjadi suara pada Box, kemudian Klik OK.

7. Header dan Footer pada Notepad

Trik Notepad

Buka File-Page Setup, dan isikan Kode dibawah ini pada Kolom Header atau Footer untuk digunakan Sesuai Fungsinya.

&d : Menampilkan Tanggal Saat ini
&t : Menampilkan Waktu saat ini
&f : Menampilkan nama dokumen
&p : Menampilkan Nomor Halaman
&l : Membuat Karakter Rata Kiri secara otomatis
&c : Membuat Karakter Rata Tengah secara otomatis
&r : Membuat Karakter Rata Kanan secara otomatis

8. Trik "bush hid the facts"

Trik Notepad

Salah satu trik yang cukup Populer di Notepad. Ikuti Langkah dibawah ini :

1. Buka Notepad.
2. Ketikkan "bush hid the facts" atau "this app can break" (tanpa tanda kutip).
3. Simpan File tersebut kemudian Tutup/Close.
4. Buka kembali file tersebut.

Yang akan terjadi ketika file tersebut dibuka adalah Agan akan melihat teks yang berbeda dari apa yang sudah Agan Ketik ("bush hid the facts" atau "this app can break"). Hal ini terjadi karena sejenis Bug yang muncul apabila kita mengetikkan kalimat dengan kombinasi Jumlah Karakter 4-3-3-5. Namun Bug ini hanya ada pada Sistem Operasi Windows versi lama.

9. Memainkan Tombol CapsLock dengan Notepad

Dengan Menggunakan Script dibawah, Sistem komputer Agan akan mendeteksi Bahwa Tombol CapsLock ditekan terus menerus. Jadi jika agan Mengetik sesuatu, Teks nya akan terdiri dari huruf besar dan kecil seperti Anak Alay, hehe. Jadi bisa dibilang ini Script Alay Otomatis, wkwk. Silahkan Copy Paste Script dibawah ini kedalam Notepad, kemudian Simpan dengan Ekstensi .vbs. Buka File tersebut, kemudian coba ketik sesuatu, Lihat apa yang terjadi dengan Fungsi CapsLock.

Set wshShell =wscript.CreateObject(“WScript.Shell”)
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys “{CAPSLOCK}”
loop

10. Membuat Pesan Error Palsu dengan Notepad

Trik Notepad

Last but Not least, Script yang terakhir ini juga sangat cocok digunakan untuk menjahili teman Agan. Script ini digunakan untuk membuat pesan error palsu pada Windows. Silahkan Copy Paste Script dibawah kedalam Notepad, kemudian simpan dengan nama error.vbs. Buka File tersebut dan sebuah pesan error akan muncul. Tenang saja, ini hanya Pesan Error Palsu kok, jadi PC Agan sebenarnya tidak bermasalah.

X=Msgbox(“Press OK and Windows will restart now.”,0+16,“There is a serious problem in your system”)

Bagaimana Menurut Agan? Apakah 10 Script Notepad diatas cukup menarik? Atau agan Juga punya Script Favorit Tersendiri? Silahkan Berbagi di Kolom Komentar. Semoga Bermanfaat.


10 Trik dan Rahasia Notepad untuk PC yang Wajib Dicoba
4/ 5
Oleh