Jumat, 07 Oktober 2016

10 Antivirus Gratis Terbaik Untuk PC

Banyak Headline Berita Bersliweran Ketika Saya Browsing Internet, Mulai dari Fashion hingga Kuliner, Otomotif hingga Teknologi. Namun yang membuat saya tertarik selalu Sama, yaitu Berita seputar Cyber Crime. Sekarang sedang Marak-maraknya Kriminal di dunia Digital yang dilakukan Oleh Orang yang tidak Bertanggung Jawab. Sudah Dengar berita tentang akun Pinterest dan Twitter Mark Zuckerberg (Pemilik Media Sosial Facebook) yang di Hack? Atau kasus terbaru di Indonesia Baru-baru ini, VideoTron yang Menayangkan Video tidak Senonoh? Atau Kasus yang paling Dekat dengan kita, yang Mungkin Agan Sendiri sudah Pernah Mengalami, yaitu Pencurian Akun Clash Of Clans Berkedok Bagi-bagi Gems Gratis? Semua itu Terkait dengan Cyber Crime, dan tentu Saja hal tersebut tidak bisa kita Remehkan.

Bicara tentang Security, Apakah Komputer agan sudah Ter Proteksi dengan Baik? AntiVirus adalah Pertahanan yang wajib ada di Komputer terutama yang Bersistem Operasi Microsoft Windows, Untuk Menghindari Ekploitasi Data Pribadi oleh orang yang tidak Bertanggung Jawab ataupun Melindungi PC dari Virus atau Malware. Memang sudah ada Antivirus Bawaan Windows yaitu Windows Defender, Tapi apakah itu Sudah Cukup? Mungkin Pikiran Agan langsung terarah kepada Berbagai AntiVirus Berbayar seperti Kaspersky, McAfee atau yang lainnya yang satu Lisensi Personal bisa mencapai Rp 200.000,00. Tapi kenapa harus Bayar kalau ada yang Gratis? Berikut ini saya berikan List 10 Software AntiVirus Gratis Terbaik Untuk PC yang Kualitasnya tidak Kalah dengan AntiVirus Berbayar.

10 AntiVirus Gratis Terbaik Untuk PC

1. Avira Free AntiVirus

PlatForm : Windows XP atau Diatasnya, Mac OSX 10.9 (Mavericks) Atau Lebih tinggi, Android 2.2 Keatas.

Avira Free AntiVirus

AntiVirus Rekomendasi Saya nih, hehe. Avira Free AntiVirus menduduki Peringkat Pertama di List ini karena memang Menurut Saya inilah AntiVirus Gratis Terbaik untuk PC. Baik untuk Agan yang awam masalah Software AntiVirus, Bisa langsung Menginstall Avira tanpa Konfigurasi Tambahan. Atau Agan yang Mastah Komputer dan Suka melakukan Berbagai Konfigurasi, Bisa juga Mencoba Software AntiVirus yang satu ini.

Avira Meningkatkan Performa dan berbagai Peningkatan Kinerja di Update Terbarunya. AntiVirus ini bahkan telah diuji oleh Berbagai Lab dan diklaim 100% dapat mendeteksi Malware. Teknologi Cloud Detection Membuat Avira Tidak Kalah dengan AntiVirus Berbayar. Avira Free AntiVirus tersedia untuk Berbagai PlatForm seperti Windows, Mac, Bahkan Android. Memiliki Kecepatan Scanning yang cukup Tinggi dan Lumayan Ringan, tidak Membebani RAM PC anda. Satu-satunya yang tidak Saya Suka dari Software AntiVirus ini adalah sering kali terjadi False Alarm. Kalau Agan tertarik menggunakan AntiVirus ini, bisa Langsung Mendownload di Situs Resminya, www.avira.com.

2. BitDefender AntiVirus

PlatForm : Windows XP Atau Diatasnya, Android 2.3 Keatas.

BitDefender AntiVirus

Posisi Kedua ditempati oleh BitDefender AntiVirus. AntiVirus yang satu ini Dikenal karena Cukup Ringan ketika Digunakan, dan bebas dari PopUp Iklan yang Mengganggu. Memiliki Banyak Fitur seperti Real-time Shield, Active Virus Control, Intrusion Detection, Rootkit scanning, HTTP scanning dan berbagai Fitur Tambahan seperti Profiles, online banking protection dan Bahkan ada parental control system.

BitDefender AntiVirus Cocok untuk Agan yang Lebih Suka Menginstall kemudian Langsung Menjalankan AntiVirus di BackGround tanpa Harus Melakukan Konfigurasi yang Merepotkan. Sebaliknya, AntiVirus ini mungkin tidak Cocok untuk Agan yang suka Melakukan Berbagai Kustomisasi karena hanya Tersedia Sedikit Pilihan Konfigurasi di AntiVirus ini. Agan Bisa Langsung Mendownload Secara Gratis di Web Resminya yaitu www.bitdefender.com.

3. AVG Free AntiVirus

Platform : Windows XP dan Diatasnya, Mac OS X Mountain Lion atau diatasnya, Android 2.2 Keatas.

AVG Free AntiVirus

Salah satu AntiVirus Gratis yang cukup Dikenal adalah AVG Free AntiVirus. Walaupun saya tidak Begitu Suka dengan AntiVirus ini karena seringkali menggunakan AdWare untuk Promosi Produknya. Versi Terbaru di Tahun 2016 ini AVG memiliki sebuah Fitur Menarik yaitu Zen Applications yang memungkinkan Pengguna Untuk Memonitor Aplikasi yang Mengakses Software ini. Salah satu Fitur terbaik dari AVG adalah Smart Scan Technology yang sangat Efektif untuk Mempercepat Waktu Scanning Virus.

Memiliki Berbagai Fitur Seperti link scanning, remote protection, integrated File Shredder and Wi-Fi Guard Membuat AntiVirus ini Layak Dicoba. AVG Pernah Menurun Popularitasnya karena Pada Privacy Policy Software ini Tercantum bahwa AVG Berhak mengirimkan Data Personal maupun Non-Personal ke Aplikasi Pihak Ketiga. Walaupun Banyak Software yang juga berlaku Demikian, Tapi Karena AVG Adalah Software Security tentu saja Hal ini Sangat Vital. Agan bisa mendownload secara Gratis di Situs Resminya www.avg.com.

4. Panda Free AntiVirus

Platform : Windows XP dan Diatasnya, Android 2.3 Keatas


Panda Free AntiVirus

List AntiVirus Gratis Terbaik untuk PC tidak akan Lengkap jika tidak Terdapat AntiVirus yang satu ini. Panda AntiVirus Terkenal karena Desainnya yang Simple dan Modern namun tetap sedap dipandang Mata. Tapi jangan Salah, AntiVirus ini tidak hanya Mengandalkan Penampilan saja karena Performanya tidak kalah dengan AntiVirus lain. Bisa Dibilang kebanyakan AntiVirus yang Diberi Embel-embel "Gratis", Tetap menyediakan Versi Pro yang Menyimpan Berbagai Fitur Andalan yang tidak Bisa Dinikmati Free User. Tapi Tidak dengan Panda.

AntiVirus ini Menyediakan Berbagai Fitur Opsional yang tidak diberikan AntiVirus lain dengan Gratis. Salah satu Kelebihan Panda Free AntiVirus adalah Cloud-Based Scanner, Dimana Proses Scanning dan Database Virus Dibebankan kepada Server Panda. Hal tersebut membuat Panda Free AntiVirus sangat Ringan dan tidak Memakan Memori Besar. Namun hal tersebut juga bisa menjadi Kelemahan, Sistemnya yang bergantung kepada Koneksi Internet membuat Proteksi Offline tidak begitu Bagus. Kalau ingin Mencoba Agan Bisa Download Secara Gratis di Situs Resmi Panda, www.pandasecurity.com.

5. Avast Free AntiVirus

Platform : Windows XP dan Diatasnya, dan Hampir Semua Versi Mac OSX

Avast Free AntiVirus


Merupakan Salah satu AntiVirus Gratis yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia. Sama Seperti Panda Free AntiVirus, Avast memiliki desain Minimalis yang sangat bagus baik di Jendela Utama maupun Icon dan Laporan hasil Scanningnya. Namun Jangan Dikira Avast ini tidak Powerful. Karena Selain Cantik, AntiVirus ini juga cukup "Galak" kepada berbagai Virus dan Malware, hehe. Mungkin Hal ini yang Membuat AntiVirus yang satu ini Cukup Populer.

Dibekali dengan Fasilitas Password Manager, Network Scanner, dan Deteksi Malware yang Luar Biasa, Membuat AntiVirus ini tambah Bagus.Memiliki teknologi Deep Screen dan Sandbox juga merupakan nilai Plus dan membuat AntiVirus ini lain daripada yang lain. Walaupun terkadang Popup dan Iklan di Versi Gratis cukup Mengganggu, AntiVirus ini tetap Layak Dicoba. Download Sekarang secara Gratis di www.avast.com.

6. Comodo AntiVirus

Platform : Windows XP keatas, Mac OS X 10.4 atau Diatasnya, Android 2.2 Keatas.


Comodo AntiVirus

Comodo AntiVirus ini terbaik di kelasnya. Tapi jika agan termasuk orang yang tidak suka ribet, lebih suka Install Kemudian Lupakan, Mungkin AntiVirus yang satu ini tidak Cocok untuk agan. AntiVirus ini dikenal sering melakukan Prompt kepada User untuk Melakukan Input Perintah, sehingga mungkin tidak Cocok untuk pengguna komputer yang masih Awam. Tapi jika sudah terbiasa, AntiVirus yang satu ini Layak Dipertimbangkan untuk Menjadi Pelindung Komputer Agan.

Dibekali Comodo's Proprietary Defense+ Technology, AntiVirus ini akan Memperlakukan Semua Files yang tidak Dikenal menjadi Ancaman. Memiliki Fitur On-Access/Resident Protection, cloud-based protection, dan sandbox Otomatis sehingga cukup powerful. Sayangnya AntiVirus ini memiliki cukup Banyak Add-ons yang diinstall bersama dengan AntiVirus ini seperti Chromodo Browser, Yahoo Search Engine, Custom DNS, dan Geek Buddy serta memerlukan Berbagai Konfigurasi dan tweaks agar Performanya Maksimal, sehingga (Sekali Lagi) tidak cocok untuk Pengguna komputer yang Masih Awam. Mungkin Comodo sebaiknya Membuat otomatis Berbagai Fiturnya sehingga Mencakup lebih Banyak Kalangan User. Tertarik untuk Mencoba? Softwarenya bisa didownload Secara gratis di Situs Resmi Comodo antivirus.comodo.com.

7. Windows Defender dan Microsoft Security Essentials 

Platform : Windows XP dan diatasnya.


Windows Defender dan Microsoft Security Essentials


Karena Windows Adalah Sistem Operasi Sejuta Umat, Maka rasanya kurang Afdhol kalau tidak dicantumkan di List AntiVirus Gratis Terbaik ini. Sebelumnya AntiVirus Bawaan Windows ini sering Dicemooh karena Fitur dan performanya yang kurang Maksimal, sehingga Windows Kemudian Menambah Investasi di Proteksi Sistem. Hasilnya? Cukup Bagus, Setidaknya Cukup untuk Menutup Mulut para Pencemooh AntiVirus ini, hehe.

Selain Dapat terintegrasi sangat Baik dengan Sistem Operasi Windows (Karena ini Software Bawaan Windows), AntiVirus ini juga Dibekali Fitur on-access/resident protection dari virus, spyware dan malware. AntiVirus ini Diklaim tidak pernah memberikan False Alarm atau Kesalahan Deteksi Virus oleh Berbagai Lab Pengujian. Walaupun Perkembangan AntiVirus ini dari Versi 2015 sudah sangat Banyak, Banyak User merasa Microsoft masih harus Meningkatkan Performa dan proteksi Virus. AntiVirus ini sudah tersedia Secara Otomatis di Semua Sistem Operasi Windows. Jika Butuh Bantuan, Agan bisa mengakses Link ini.


8. QiHoo 360 Total Security

Platform : Windows XP atau diatasnya, Mac OS X 10.7 atau diatasnya termasuk OS X Yosemite, Android 2.2 dan diatasnya.


QiHoo 360 Total Security

AntiVirus buatan China nih gan. QiHoo 360 ini cocok dimasukkan ke List ini karena Memiliki Berbagai Fitur menarik, yang paling saya suka adalah Interface nya yang sedap dipandang. Bahkan AntiVirus ini bisa Diganti Tema loh gan. Ringan digunakan, bahkan memiliki Fitur SandBox dan Proteksi USB juga Glasswire Firewall.

Sayangnya, Fitur yang terlalu Berlebihan Membuat AntiVirus ini Melenceng dari Tujuan Aslinya yaitu Proteksi dan Keamanan. Walaupun berbagai Lab telah mengkonfirmasi bahwa AntiVirus ini cukup Baik untuk digunakan, saya rasa Deteksi Threat atau Ancaman dari Virus dan Malware masih Perlu Ditingkatkan. Biasa lah gan, produk China, hehe. Kalau Agan ingin menggunakan AntiVirus ini, Bisa mendownload di Situs Resminya secara Gratis di www.360totalsecurity.com.

9. AdAware Free AntiVirus

Platform : Windows XP dan Diatasnya.

AdAware Free AntiVirus


AdAware sudah Berkecimpung di Dunia security sejak lama. Seperti namanya, Sebenarnya dahulu Software ini hanya Berfokus security untuk Adware (Software Iklan) namun akhirnya menjadi Software AntiVirus Lengkap. Pada Update terakhirnya, AdAware meningkatkan Detection Technology dan User Interfacenya secara Signifikan. AntiVirus ini menawarkan Instalasi yang mudah, Notifikasi yang tidak Mengganggu, dan juga Custom Scanning. Beberapa Fitur lain juga ditambahkan di AntiVirus ini seperti Sandbox emulation, scheduler dan command line scanner.

Sebenarnya AntiVirus ini cukup Bagus, namun Beberapa Fitur Penting seperti anti-phishing email protection, parental controls, dan file destructionhanya tersedia untuk Pengguna Pro yang berbayar. Karena Hal Tersebutlah Saya Menempatkan AntiVirus Gratis ini pada Peringkat 9. Agan Bisa mendownload AntiVirus ini di Web Resminya www.lavasoft.com.

10. Zone Alarm Free AntiVirus

Platform : Windows XP dan Diatasnya


Zone Alarm Free AntiVirus


AntiVirus yang satu ini tergolong baru. Kalau Agan lebih suka Mengutamakan Performa dibanding Interface, Mungkin AntiVirus ini Cocok untuk Agan. Karena AntiVirus Gratis ini Lebih Mengedepankan performa dan Menggunakan Desain yang terkesan "Seadanya". Berada Dibawah Naungan Kaspersky, Zone Alarm memiliki Firewall yang cukup efektif dan dibekali Berbagai Fitur seperti kernel level virus prevention, automatic updates, web security dan privacy toolbar.

Sangat Efektif untuk Mendeteksi Ancaman dan Virus, Bahkan AntiVirus ini dapat Melakukan FireWall Otomatis terhadap Koneksi Wireless yang Agan Gunakan. Sayangnya Zone Alarm Tidak memiliki fitur Penting seperti phishing protection, dll. Buat Agan yang ingin Mencoba AntiVirus Gratis ini bisa mendownload melalui Web Resminya yaitu www.zonealarm.com.

Selesai Sudah List 10 AntiVirus Gratis Rekomendasi OverGIGA. Apa Agan Punya AntiVirus Andalan tersendiri yang Belum tercantum di Artikel ini? Silahkan Berkomentar.


10 Antivirus Gratis Terbaik Untuk PC
4/ 5
Oleh