Minggu, 09 Oktober 2016

Cara Mempercepat SmartPhone Android Dengan Mematikan Animasi

Hallo Juragan, Ada 3 Sistem operasi SmartPhone yang cukup Dominan saat ini, yaitu IOS, Android, dan Windows Phone. Untuk Orang Indonesia, yang Cukup Populer sepertinya Adalah Android. Karena Saat ini SmartPhone dengan Sistem Operasi Android sangat Mudah didapat. Katakanlah dengan uang kurang dari Lima Ratus ribu rupiah, kita sudah bisa memiliki Ponsel Android walaupun dengan Spesifikasi yang Minim, hehe. Berbeda dengan SmartPhone IOS dari Apple, Paling tidak kita harus merogoh Kocek hingga Jutaan Rupiah.

Kepopuleran Android ini dimanfaatkan oleh Berbagai Perusahaan Lokal seperti Evercoss, Mito, dll. dengan menawarkan SmartPhone Murah dengan Spesifikasi Lumayan. Khas Orang Indonesia Sekali, saya menjumpai banyak Orang yang ingin mempercepat SmartPhone Murah mereka yang Loadingnya Lambat, Jadi mereka ingin yang murah namun Performa Tinggi, hehe.

Bisakah Kita Menambah Kecepatan SmartPhone Android?

Jawabannya adalah bisa. Tentu Saja Bukan dengan cara Mendownload RAM seperti Berita Baru-baru ini yang heboh di Media Sosial. RAM tidak bisa DiDownload karena itu merupakan Perangkat Keras/Hardware. Tapi kita bisa mematikan Animasi dan Transisi Android yang Terkadang cukup menguras Banyak RAM dan mengurangi performa. Walaupun akan Ada Peningkatan Kecepatan, tapi Hasil Akhirnya tergantung Spesifikasi Android anda.

Sistem Operasi Android mengizinkan pengguna untuk merubah Tema, Icon, dan berbagai hal yang berhubungan dengan Interface Android. Hal ini untuk Meningkatkan User Experience atau Pengalaman Pengguna Android. Bersama Update Sistem Operasi Terbarunya, Google selalu Menambahkan berbagai Animasi yang semakin baik. Namun bagi agan yang memiliki SmartPhone dengan Spesifikasi Minim, ini bukan kabar Baik. Animasi-animasi ini akan Menguras RAM dan membuat Ponsel agan berjalan Lambat ketika Membuka Aplikasi ataupun saat melakukan MultiTasking.

Animasi-animasi ini sebaiknya dimatikan atau dikurangi intensitasnya. Namun Sayangnya Android tidak Menyediakan Pilihan Pengaturan untuk Mematikan Animasi secara Langsung, Agan harus terlebih dahulu Mengaktifkan Developer Options dan kemudian Melakukan Sedikit pengaturan untuk mematikan Animasi di Ponsel Android untuk Menambah Kecepatannya.

Cara Mematikan Animasi pada SmartPhone Android

Tutorial kali ini menggunakan Ponsel bahasa Inggris ya gan, jadi buat Agan yang menggunakan bahasa Indonesia bisa Mengganti dahulu menjadi Bahasa Inggris agar tidak bingung, hehe.

Menghidupkan Developer Options

Pertama-tama agan harus Menghidupkan Developer Options terlebih dahulu. Secara Default Opsi ini tersembunyi bagi User. Untuk Memunculkannya agan bisa Mengikuti Langkah dibawah ini.

1. Buka Settings, Scroll kebawah dan Pilih Opsi About Phone.

Mempercepat SmartPhone Android

2. Setelah terbuka, Cari Opsi Build Number. Kemudian Tap/sentuh berkali-kali pada Opsi ini dengan cepat.

Mempercepat SmartPhone Android

3. Setelah di Tap berkali-kali, agan akan mendapat Pesan "You Are Now A Developer!".

Mempercepat SmartPhone Android

4. Kembali lagi ke menu Utama Settings. Akan Ada Menu Baru yang bernama Developer Options. Pilih saja Menu Tersebut, dan Ikuti Langkah Selanjutnya untuk mematikan Animasi Ponsel Android.

Mempercepat SmartPhone Android

Mematikan Animasi

1. Setelah Membuka Developer Options, agan perlu mengaktifkannya dengan Menggeser Slide dari Off menjadi On, sehingga agan diizinkan mengubah pengaturan Developer Options.

Mempercepat SmartPhone Android

2. Akan Muncul PopUp "Allow Development Settings?" untuk mengkonfirmasi Permintaan Agan. Pilih saja Ok.

Mempercepat SmartPhone Android

3. Jika Sudah Aktif, Scroll terus kebawah sampai agan menemukan Menu yang berhubungan dengan Animasi. Akan ada Banyak Opsi seperti Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale.

Mempercepat SmartPhone Android

4. Secara Default Ketiga Opsi diatas memiliki Nilai 1x. Agan bisa mengecilkan nilainya menjadi 0.5x agar Animasi menjadi lebih cepat dan SmartPhone Android Agan juga Lebih Cepat. Tapi jika Agan ingin Mematikan Animasi Sepenuhnya agar Android Agan lebih Cepat lagi, Matikan saja Animasinya dengan Memilih Animation Off.

Mempercepat SmartPhone Android

5. Biasanya Perubahan ini akan Langsung di Aplikasikan di SmartPhone agan. Tapi jika Belum, agan Bisa Restart Android agan Seperti Biasa. Rasakan Perubahannya, hehe.

Setelah menerapkan Langkah Simple ini, SmartPhone Android agan akan terasa Lebih Cepat ketika Membuka Aplikasi ataupun Berpindah Screen. Android agan tidak akan Menguras RAM untuk melakukan Animasi Ataupun Perpindahan Transisi.

Penting : Pertambahan Kecepatan SmartPhone Android Agan Tentu Saja Dipengaruhi Spesifikasi dan Kompatibilitas HardWare. Jika Mematikan Animasi Menimbulkan Masalah pada Beberapa Aplikasi, Pindahkan saja opsi ke 0.5x.

Seberapa Besar Penambahan Kecepatan Android agan Setelah Menerapkan Langkah diatas? Silahkan berkomentar dan Semoga Bermanfaat.


Cara Mempercepat SmartPhone Android Dengan Mematikan Animasi
4/ 5
Oleh