Senin, 08 Agustus 2016

10 ShortCut Keyboard yang Sebaiknya Dihafalkan

KeyboardMenggunakan ShortCut Keyboard Dapat Meningkatkan Produktivitas, Menghemat Waktu, dan juga dapat membantu kita untuk tetap Fokus Terhadap Pekerjaan yang sedang Dikerjakan. Contohnya, untuk MengCopy Teks, kita bisa langsung Memilih teks mana yang akan di Copy kemudian menggunakan ShortCut CTRL + C. Dibanding harus Memindahkan tangan dari keyboard, Kemudian Menggunakan Mouse untuk memilih Copy dari menu, Kemudian Kembali lagi ke Keyboard, Tentunya dengan cara Pertama jauh lebih cepat Bukan? Namanya juga ShortCut/Jalan Pintas,hehe.

Berikut ini adalah ShortCut-Shortcut Keyboard yang Cukup Banyak Digunakan dan sebaiknya Anda ingat.

 

CTRL + C atau CTRL + Insert dan CTRL + X


ShortCut CTRL + C dan CTRL + Insert sama-sama digunakan untuk MengCopy Teks atau File yang Dipilih. Sedangkan untuk Cut ShortCut nya adalah CTRL + X.
Apa Bedanya? Copy Digunakan untuk menyalin, Sehingga komputer akan Membuat Duplikat dari File atau Teks yang dipilih. Sedangkan Cut digunakan Untuk Memindah Teks atau File yang Dipilih. Hati-hati ketika menggunakan Cut karena Ada Kemungkinan File akan Corrupt apabila Proses Pemindahan Terganggu atau Terhenti ditengah jalan.
Untuk Pengguna Komputer Apple CTRL diganti Menggunakan Tombol Command (cmd). Contohnya, ShortCut Cmd + C akan MengCopy Teks atau File yang Dipilih.

 

CTRL + V atau Shift + Insert


Kedua ShortCut diatas Sama-sama digunakan untuk MemPaste atau Meletakkan Text atau Object yang tersimpan di ClipBoard hasil dari Copy atau Cut.
Untuk Komputer Apple dapat menggunakan ShortCut Cmd + V.

Latihan :




Gunakan kedua Box diatas untuk mencoba ShurtCut diatas. Pilih/Blok Teks “Cut atau Copy Teks ini” dan Cobalah gunakan ShorCut CTRL + C ataupun CTRL + X untuk Menyalin atau Memindah Teks tersebut. Setelah itu Pindahkan Kursor ke Box Kedua, Kemudian Tekan CTRL + V atau Shift + Insert untuk meletakkan hasil Copy/Cut (MemPaste).

 

CTRL + Z dan CTRL + Y


Menekan CTRL + Z akan Membuat Komputer melakukan Undo terhadap semua Perubahan. Contohnya, Jika Anda telah MengCut sebuah Teks, Menekan ShortCut ini akan Membatalkan Perintah tersebut. Sebaliknya, Menekan CTRL + Y akan membuat komputer melakukan Proses Redo, yang Gunanya untuk Membatalkan Proses Undo. Bingung kan :v ,ambil Nafas dalam-dalam, Kemudian Baca lagi pelan-pelan. Perintah ini dapat digunakan Berulang-ulang apabila Perintah yang ingin Dibatalkan cukup Banyak.

Untuk Pengguna Komputer Apple dapat menggunakan Cmd + Z dan Cmd + Y untuk Undo dan Redo.

Latihan :



Gunakan Box Teks diatas untuk Memilih/Blok Beberapa atau Semua teks, Kemudian tekan CTRL + X untuk mengCut teks tersebut. Setelah teks hilang, Tekan CTRL + Z untuk membatalkan Perintah Cut Sehingga teks yang terpilih akan Muncul kembali.

 

CTRL + F


Menekan CTRL + F akan membuka Fasilitas Find di Hampir Semua Program. Yang mana fungsinya adalah mencari sesuatu seperti Teks atau File. Bahkan Browser yang anda Buka saat ini pun Mungkin menggunakan ShortCut CTRL + F untuk Fasilitas Find. Cobalah Tekan Tombol CTRL + F untuk Membuka Fasilitas Find di Browser yang anda Buka untuk mengakses Halaman ini, kemudian ketikkan “ShortCut” untuk mencari Semua kata “ShortCut” di Halaman ini.

Untuk Pengguna Komputer Apple bisa menggunakan Cmd + F untuk membuka Fasilitas Find.

 

Alt + Tab atau Ctrl + Tab


Tombol Alt + Tab Dapat digunakan untuk Berpindah Jendela Program yang terbuka. Misalnya, Anda membuka Browser untuk membuka Halaman ini, dan juga membuka Program-program lain di Background seperti Pemutar Musik, dll. Anda dapat Menekan dan menahan Tombol Alt kemudian Menekan tombol Tab untuk Berpindah-pindah ke setiap Program yang terbuka.

Untuk Komputer Apple, Ganti Alt dengan tombol Command (Cmd). Contohnya, Gunakan Cmd + Tab untuk Berpindah Program.

Bonus Tip: Tekan Tombol CTRL + Tab untuk Berpindah Tabs yang dibuka di sebuah Program. Contohnya jika anda saat ini Membuka beberapa halaman pada saat yang Bersamaan, Gunakan ShortCut CTRL + Tab untuk Berpindah-pindah halaman/Tabs.

Bonus Tip: Menambahkan Tombol Shift diantara ShortCut diatas akan membuat Pemindahan Program berjalan ke arah Sebaliknya, Misalnya anda Menekan Tombol Alt + Tab untuk Berpindah Program tetapi Program yang ingin anda Buka Terlewat, anda bisa menggunakan Tombol Alt + Shift + Tab untuk Kembali ke Program Sebelumya.

Bonus Tip: Untuk Pengguna Windows Vista, 7, 8, dan 10 juga dapat Menekan Tombol Windows + Tab untuk Berpindah Program secara Full ScreenShot.

 

Ctrl + BackSpace dan Ctrl + Anak Panah Kiri atau Kanan


Catatan: ShortCut yang satu ini hanya untuk PC Computer dan tidak Bisa digunakan di Komputer Apple.

Menekan Tombol Ctrl + Backspace akan Menghapus seluruh Kata dibelakang Kursor, tidak hanya satu karakter. Perlu dicatat bahwa Komputer Mendeteksi Kata melalui Spasi, jadi Pastikan Kata atau Kalimat anda menggunakan Spasi dengan benar.

Menahan tombol Ctrl kemudian Menekan Tombol Anak Panah Kanan atau kiri akan memindahkan Kursor Setiap satu Kata sekaligus,tidak hanya satu Karakter. Jika anda ingin Memilih atau Memblok satu Kata Sekaligus, bisa menggunakan Ctrl + Shift kemudian Tekan Anak Panah Kiri atau kanan untuk Berpindah ke Kata Sebelum atau Sesudahnya sekaligus Memblok/memilih kata yang dilewati

 

Ctrl + S


Ketika kita mengerjakan sebuah Dokumen atau File Lain di Hampir Semua Program, Menekan Ctrl + S akan Menyimpan File tersebut. Gunakan ShortCut ini secara Berkala Jika anda mengerjakan Sebuah File atau dokumen Penting untuk Berjaga-jaga jika terjadi Error, Kehilangan Daya atau Masalah lain yang dapat membuat anda Kehilangan Semua yang telah dikerjakan sejak Save Terakhir.

Untuk Komputer Apple bisa menggunakan Cmd + S untuk Menyimpan File.

 

Ctrl + Home atau Ctrl + End


Ctrl + Home akan Memindahkan Kursor ke Bagian Paling Awal sebuah Dokumen, sedangkan Ctrl + End akan memindahkan Kursor ke bagian paling Akhir sebuah Dokumen. ShortCut ini akan bekerja di Hampir semua Dokumen termasuk Halaman Website seperti yang Anda Baca saat ini.

Untuk Pengguna Komputer Apple dapat menggunakan Cmd + Anak Panah Atas untuk berpindah Ke bagian Paling Awal dari Dokumen dan Cmd + Anak Panah Bawah untuk berpindah ke bagian paling akhir dari sebuah Dokumen atau teks.

 

Ctrl + P


Digunakan untuk membuka Print Preview dari Halaman atau Dokumen yang sedang dibuka. Contohnya, Tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat Print Preview dari Halaman ini.

Untuk Komputer Apple Gunakan Cmd + P untuk Membuka Print Preview.

 

Page Up, SpaceBar, dan Page Down


Menekan Tombol Page Up atau Page Down akan memindahkan satu Halaman Kearah Sesuai Tombol, Page Up untuk berpindah satu halaman keatas, Page Down untuk berpindah satu halaman ke bawah. Ketika Browsing di Internet, menekan Spacebar atau tombol Spasi juga dapat digunakan untuk berpindah Satu halaman kebawah.

Bonus Tip: Jika anda telah menggunakan Spacebar atau Tombol Spasi untuk Berpindah satu Halaman ke Bawah, gunakan Tombol Shift + Spacebar untuk Berpindah satu halaman ke Atas.

Demikian tadi List 10 ShortCut yang Cukup Sering digunakan dan Sebaiknya anda Hafalkan untuk membuat kinerja anda dengan Komputer lebih Efisien. Memiliki Pertanyaan? Atau anda punya ShortCut andalan Lain selain 10 diatas? Silahkan Berkomentar . . .


10 ShortCut Keyboard yang Sebaiknya Dihafalkan
4/ 5
Oleh