Selasa, 09 Agustus 2016

Support Windows XP Ditutup pada Tanggal 8 April 2014

Microsoft pertama kali meluncurkan Windows XP pada tanggal 25 Oktober 2001. Support untuk Sistem Operasi ini Secara Resmi Berakhir pada tanggal 8 April 2014, yang artinya, Mereka tidak lagi memberikan Update, Patch, ataupun Software Security yang lebih baik.
Tenang saja, hal ini tidak berpengaruh pada kinerja Sistem Operasi ini apabila anda masih Menggunakannya. Tetapi, jika ditemukan Security Vulnerability atau Bug Setelah tanggal penutupan Support Microsoft tidak akan memperbaikinya. Microsoft masih akan melanjutkan Penawaran Anti-Malware Support (MSE) untuk Windows XP hingga Juli 2015 dan Developer-developer AntiVirus juga Telah mengumumkan akan melanjutkan Support Mereka untuk Sistem Operasi ini Hingga Setahun setelah Penutupannya. Hal ini mungkin akan menambah Proteksi terhadap Komputer anda yang masih Menggunakan Sistem Operasi ini, tapi tetap saja Sistem Operasi Windows XP tidak terlindungi dari Vulnerability atau Bug yang Belum diluncurkan atau Ditemukan.
Box Windows XP

Beberapa Orang berArgumen bahwa Tidak akan ada Vulnerability atau Bug baru yang ditemukan untuk Sistem Operasi Windows XP. Namun, Hampir Semua Spesialis Komputer Merekomendasikan Pengguna untuk MengUpgrade Windows nya ke Versi terbaru seperti Windows 7, 8, atau yang paling baru, Windows 10.

Jika Komputer anda sudah lebih dari 4 tahun digunakan atau Tidak memenuhi Spesifikasi Minimal untuk Menginstall Versi Terbaru Windows, Kami Menyarankan untuk Mulai Membeli Perangkat Baru dengan Sistem yang Kompatibel dengan Versi Terbaru Windows. Atau jika anda masih ingin Menggunakan Komputer Tua tersebut, mungkin sudah saatnya untuk Beralih ke Distro Linux yang lebih Ringan.

Tip:Microsoft menawarkan Program Data Transfer Gratif untuk Pengguna yang ingin Upgrade dari Windows XP ke Windows 7, 8, atau 8.1. Jika ada Waktu akan saya buatkan Tutorialnya.

Tip:Jika anda ragu untuk Upgrade Sistem Operasi karena memiliki dan menggunakan Program Lama yang hanya dapat Berjalan di Windows XP, Windows XP Mode dapat Membantu menjalankan Program Lama untuk Berjalan di Windows Versi Terbaru.

Bagaimana Jika Saya Masih Ingin Menggunakan Windows XP?

Jika Anda Masih Ingin menggunakan Windows XP Setelah 8 April 2014, Beberapa Saran ini Mungkin Dapat Membantu Anda.
  1. Jangan Gunakan Akun Administrator – Gunakan Saja Akun yang Otoritasnya Terbatas, dan Jangan Gunakan Akun Admin. Jika anda Menggunakan Akun dengan Otoritas yang cukup Tinggi seperti Admin, maka SpyWare, MalWare, dan Berbagai Virus dapat Lebih Leluasa Menyerang Komputer anda.
  2. Gunakan Browser Alternatif – Jangan Menggunakan Internet Explorer, Gantilah Menggunakan Chrome Atau Firefox, yang akan terus DiUpdate dan Keamanannya lebih Terjamin.
  3. Pastikan Plugin dan ekstensi Browser anda TerUpdate – Plugin seperti Java dan Flash adalah Beberapa Metode paling Umum dalam Menyerang Sebuah komputer dengan Virus atau Malware. Pastikan Anda selalu Update Semua Browser beserta Plugin-pluginnya. Jika anda tidak terlalu banyak menggunakan Plugin (seperti Java), Lebih Baik Uninstall dari komputer anda untuk meminimalisir Resiko.
  4. Jangan Disambungkan dengan Internet – jika Komputer yang Menggunakan Windows XP adalah Komputer Pekerjaan yang tidak Butuh Koneksi Internet, Maka pastikan komputer Tersebut Tetap Offline. Tanpa Akses ke Internet, Komputer tersebut akan jarang diserang Virus.

 

Pertanyaan Terkait

Apakah Windows XP masih Bisa Diinstall dan Diaktifkan setelah 8 April 2014?
Ya. Kita masih bisa Menjalankan, Menginstall, dan mengaktifkan Windows XP setelah tanggal penutupan tersebut.
Bagaimana dengan Windows XP Embedded?
Support untuk Windows XP Embedded akan tetap ada hingga 12 Januari 2016

Semoga Bermanfaat.


Support Windows XP Ditutup pada Tanggal 8 April 2014
4/ 5
Oleh