Minggu, 23 Juni 2019

Pengembangan Aplikasi Android : Bahasa Apa yang Harus Dipelajari?

Kali ini saya ingin membahas Android, bukan security, agar tidak lupa.

Tulisan ini berawal dari draf saya sekian tahun yang lalu.

Akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan untuk saya menulis di Blog ini setelah sekian lama tidak tersentuh, hehe. Post ini adalah tulisan pertama saya yang membahas tentang Pemrograman, padahal Sebenarnya sudah 4 Semester saya Mempelajari pemrograman di Universitas Amikom Yogyakarta. Hati ini tergerak untuk berbagi setelah diberi nasehat oleh seorang Mastah Programming (yang saya lupa siapa, hehe) bahwa Kunci untuk menjadi Programmer Profesional adalah Dengan Fokus dan Berbagi.



Fokus maksudnya adalah mempelajari sebuah Platform saja dalam Pengembangan Aplikasi, Misalnya : Pemrograman Web, Mobile, Atau Desktop. Jangan terlalu "Rakus" mempelajari semuanya secara sekaligus karena kita akan kesulitan sendiri nantinya (Kecuali kalau agan Jenius, hehe). Berbagi juga harus dilakukan agar Ilmu yang kita miliki bermanfaat bagi orang lain. Jujur saya agak merasa prihatin karena belum banyak tutorial ataupun literatur seputar Pemrograman yang Berbahasa Indonesia di Internet, hampir semuanya berbahasa Inggris. Ini tentunya akan menghambat ataupun mengurangi ketertarikan calon-calon Programmer yang baru terjun ke dunia tersebut (seperti saya). Padahal Indonesia masih butuh banyak sekali Developer.



Dari berbagai alasan diataslah akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan apa yang sudah saya pelajari pada Pengembangan Aplikasi (terutama Mobile, karena saya fokus pada Bidang tersebut). Bukannya Sok Mastah (karena saya masih sangat Hijau dalam Pemrograman), tapi dengan niat Tulus agar ilmu yang saya Miliki bermanfaat bagi orang lain.



Android Development



Sistem Operasi Android saat ini sedang merajai Pasar SmartPhone di dunia, Rival yang pantas Hanyalah IOS, sedangkan Windows tenggelam entah dimana. Samsung sendiri juga telah merilis Sistem Operasi baru bernama TIZEN yang diharapkan bisa menghilangkan ketergantungannya terhadap Sistem Operasi Android. Tapi tetap saja, Android sudah "Terlanjur" tertancap di hati para Konsumen karena banyak sekali Smartphone yang murah namun Berkelas dengan sistem operasi Android. Terutama di Indonesia.



Hal tersebut menciptakan Market yang luar biasa luas dan banyak sekali Uang yang dihabiskan disana, hehe. Jujur dulu saya tidak tertarik dengan Android karena menurut saya sudah terlalu banyak Developer yang terjun kedalamnya, Sudah terlalu banyak Aplikasi yang dibuat, dll. Tapi kemudian pendapat saya terbantahkan setelah seorang teman saya (yang juga developer pemula), mempublish sebuah aplikasi sederhana yang fungsinya juga tidak terlalu akurat (wkwk, maklum masih tahap belajar) tapi berhasil mendapatkan 10.000 Download dalam waktu yang cukup singkat. Dari situlah saya sadar bahwa Market Android masih layak untuk diselami, dan memutuskan ikut "Mencicipi" Pengembangan Aplikasi Android.



Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dipelajari?

Untuk mendevelop aplikasi Android, bahasa utama yang harus dipelajari tentu saja Java, karena memiliki resource yang cukup lengkap dan sudah banyak pertanyaan-jawaban di stackoverflow. Jika sudah dirasa cukup fasih, bisa dilanjutkan dengan Bahasa Kotlin dengan sintak yang lebih mudah.

lanjut kapan-kapan gan akwowkwowkwkqk. :V

Pengembangan Aplikasi Android : Bahasa Apa yang Harus Dipelajari?
4/ 5
Oleh